Workshop Penelitian Kuantitatif dan Implementasinya dalam Riset Ilmiah

Workshop Penelitian Kuantitatif dan Implementasinya dalam Riset Ilmiah

Dalam upaya untuk meningkatkan kualitas riset di lingkungan perguruan tinggi  khususnya pada dosen, Institut Agama Islam (IAI) Nurul Hakim mengadakan "Worksop Penelitian Kualitatif dan Implementasinya dalam Riset Ilmiah" bagi tenaga dosen. Kegiatan ini dilaksanakan pada 15 Februari 2021, Ruang Rapat  lantai II, Kampus 2 IAI Nurul Hakim dengan menghadirkan dua pembicara yaitu Syahirul Alim, M.A dan Ahmad Zainal Wafik, S.E, M.ec.Dev. 

Workhsop ini dihadiri oleh semua tenaga pendidik dari tiga fakultas; Fakultas Tarbiyah, Fakultas Ekonomi dan Fakultas Dakwah. Dalam sambutannya, Wakil Rektor I, Dr. Faizul Fatawi, M.Pd mengungkapkan urgensi riset dosen untuk meningkatkan kualitas penelitian dosen dan terlebih (IAI) Nurul Hakim. Lebih lanjut, menurut Wakil Rektor I tersebut, mencermati kualitas riset tenaga pendidik dalam beberapa tahun terakhir yang lebih banyak memanfaatkan pendekatan fenomenologis atau penelitian kualitatif dalam riset pendidikan, sosial ataupun fenomena keagamaan. Untuk itu, pelatihan ini penting untuk diikuti oleh segenap dosen untuk memperkuat kompetensi risetnya dan mampu memperdalam referensial penelitiannya melalui pendekatan positivistik. Sehingga, melalui worksop ini, diharapkan agar riset dosen maupun tigas akhir mahasiswa diarahkan pada penelitian kuantitatif. 

Workshop ini dibagi menjadi dua sesi, sesi pertama disampaikan oleh pembicara I, yaitu Syahirul Alim, M.A. Dosen sekaligus peneliti ini, berangkat dari kegelisahan dan realitas akademis yang bermula pada masih rendahnya kualitas tugas akhir mahasiswa, terutama seolah paradigma penelitian ujungnya selalu pada pendekatan yang sifatnya kualitatif. Jauh berbanding terbalik dengan realitas prosentase hasil riset kuantitatif mahasiswa, padahal keduanya sama-sama penting dalam sebuah riset ilmiah. 

Sementara pembicara I, Ahmad Zainal Wafik, dosen sekaligus manajer penelitian dan konsultan di Larpa Institut memberikan pelatihan mengenai hal teknis dari pelbagai metode yang digunakan dalam penelitian kuantitatif. 

 Institut Agama Islam (IAI) Nurul Hakim, sebagai salah satu perguruan tinggi Islam  terus berupaya untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas riset dosen sehingga tridharma perguruan tinggi pada bidang penelitian dapat tercapai secara maksimal. 

 

 

Fakultas Tarbiyah

Mencetak tenaga pendidik yang memiliki kemampuan akademik dan profesional dalam Pendidikan Islam.

Read More

Fakultas Ekonomi Islam

Mempersiapkan tenaga profesional yang handal dibidang ekonomi, keuangan dan bisnis syariah.

Read More

Fakultas Dakwah

Mempersiapkan tenaga yang memiliki wawasan keilmuan yang luas dalam bidang Dakwah Islamiyah.

Read More