Workshop Sistem Pembelajaran Efektif

Workshop Sistem Pembelajaran Efektif

IAI Nurul Hakim-Pandemi Covid-19 masih menjadi perhatian utama pemerintah pusat dan daerah dan menyebabkan sektor pendidikan makin kalang kabut. Lembaga pendidikan terutama Perguruan Tinggi untuk melangsungkan aktivitas belajar mengajar dalam jaringan (daring). Karena hal ini, IAI Nurul Hakim akan menggelar workshop bagi tenaga pedidik bertema "Sistem Pembelajaran Efektif Bagi Dosen" digelar pada 10/04/2021.  

Worksop ini menghadirkan narasumber ahli teknologi pendidikan Dr. Izzul Fatawi, M.Pd. Diharapkan agar workshop ini dapat mengarahkan dosen untuk menentukan tujuan dalam mendesain pembelajaran yang ditujukan kepada mahasiswa sekaligus menetapan standar dasarnya. Jadi, workshop ini tidak sebatas pada proses mengajar dan diajar begitu-begitu saja, tidak adanya inovasi signifikan. Sehingga, diharapka workshop ini mampu mengarahkan dosen agar lebih kreatif. 

Narasumber menekankan pada tenaga pendidik agar memiliki kesadaran, bahwa desain pembelajaran yang efektif harus mempertimbangkan berdasar pada skala prioritas. Pertama yang harus dilakukan oleh seorang pendidik dalam menerapkan pembelajaran yang baik adalah dengan menetapkan tujuan (goals).

Masalah yang kerap kali dihadapi oleh guru atau tenaga pendidik adalah tenaga pendidik itu sering kali tidak merencanakan target pembelajaran sehingga proses belajar berakhir tanpa hasil yang jelas, di mana  mahasiswa tidak mengetahui tujuan belajar sehingga tingkat pengetahuan mengakibatkan ketidakpercayaan pada diri mahasiswa di tambah dengan proses evaluasi dan penelitian dalam pembelajaran tidak mengukur kemampuan mahasiswa secara aktual karena kaburnya target pembelajaran. 

Menurut Narasumber, Dr. Izzul Fatawi, M.Pd menguraikan bahwa tujuan pembelajaran itu ditentutkan oleh kurikulum yang baik yang diterapkan oleh masing-masing program studi maupun pada tingkat di atasnya yaitu perguruan tinggi. Tenaga pendidik harus mempertimbangkan lima hal dengan merujuk pada taksonomi atau tingkatkan kemampuan individu berdasarkan pada lima klasifikasi yaitu (1) verbal information, yaitu kemampuan terbatas pada kompetensi verbal. (2) Intellectual Skill yaitu kemampuan berfikir secara rasional, logis dan kritis. (3) Psycomotor Skill yaitu terkait dengan kemampuan gerak tubuh dan tetap didukung oleh knowledge. Atititudes yaitu sikap individu dan kecenderungannya untuk merespon berbagai stimulus atas dasar penilaian peserta didik. dan tahap terakhir dalam domain pembelajaran adalah cognitive strategies yaitu kemampuan berpikir berupa proses analisis dan mampu mensintesiskan suatu konsep. 

 

Fakultas Tarbiyah

Mencetak tenaga pendidik yang memiliki kemampuan akademik dan profesional dalam Pendidikan Islam.

Read More

Fakultas Ekonomi Islam

Mempersiapkan tenaga profesional yang handal dibidang ekonomi, keuangan dan bisnis syariah.

Read More

Fakultas Dakwah

Mempersiapkan tenaga yang memiliki wawasan keilmuan yang luas dalam bidang Dakwah Islamiyah.

Read More